Sabtu, 19 Januari 2013

cara membuat parabola sederhana



 cara membuat parabola sederhana
Permasalahan yang sangat umum, yang kita alami bersama. Masalah koneksi adalah masalah yang sangat kompleks, rumit dan membawa dampak terhadap kondisi kejiwaan penggunanya :D wkwkwk, Koneksi bisa menyebabkan steres yang berkepanjangan apabila tiba2 internet lambat saat dibutuhkan. Bahkan juga menggangu kejiwaan karena marah yang berkepanjangan, :D. Kayaknya serem banget, baiklah  setelah saya lama browsing2, saya menemukan ada beberapa Model Penguat Sinyal, Untuk memperkuat Sinyal 3G/3,5G/HSDPA. Seperti gambar berikut :

1. Model I (Wajan bolic)
2. Model II (wajan bolic)


3. Model III(bazooka 3G)






4. Model IV ( apa ya namanya? )



Silakan pilih model mana yang kawan sukai, Sesuai dengan kebutuhan kawan. Steps brikutnya dalah cara pembuatan:

DASAR HUKUM
Keputusan Mentri No.2 Tahun 2005 tentang penggunaan pita frekuensi 2400-2483.5MHz yang ditandatangani pada tanggal 5 januari 2005 aleh Mentri Perhubungan M. Hatta Rajasa.Beberapa hal yang penting dari Keputusan Mentri No.2 Tahun 2005 adalah Anda tidak memerlukan izin stasiun radio dari pemerintah untuk menjalankan peralatan internet pada frekuensi 2.4GHz, tetapi dibatasi dengan:
  1. Maksimum daya pemancar ada 100mW (20dBm).
  2. Effective Isotropic Radiated Power/ EIRP di antenna adalah 36dBm
  3. Semua peralatan yang digunakan harus di-approve/ disertifikasi oleh POSTEL


1. MEMBUAT ANTENA WAJANBOLIC
Kenapa disebut WajanBolic?
  • Wajan : penggorengan, alat dapur buat masak
  • Bolic : parabolic
  • WajanBolic : Antena parabolic yg dibuat dari wajan
Karena berasal dari wajan maka kesempurnaannya tidak sebanding dg antenna parabolic yg sesungguhnya. Dalam workshop akan dibuat Antena WajanBolic dengan N Connector dan Pigtail dengan pertimbangan :

Beberapa kekurangan antenna WajanBolic : Karena berupa solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat

ANTENA 2.4 GHz
Beberapa Contoh Design Antena 2.4 GHz
Kebanyakan antenna homebrew wifi yg ada di internet : antenna yagi, antenna kaleng (tincan antenna), antenna biquad, antenna helix, antenna slotted waveguide. Komponen yg selalu ada dlm design antenna-antena tsb : N-type Connector & pigtail

Peralatan dan bahan yang perlu di siapkan:
  1. Wajan diameter 36″ (semakin besar diametr semakin bagus)
  2. PVC paralon tipis diameter 3″ 1 meter
  3. Doff 3″ (tutup PVC paralon) 2 buah
  4. Aluminium foil
  5. Baut + mur ukuran 12 atau 14
  6. N Connector female
  7. kawat tembaga no.3
  8. Double tape + lakban
PERALATAN
  1. Penggaris
  2. Pisau/ Cutter
  3. Solder + timah nya
  4. Gergaji besi
PERKIRAAN HARGA
Perkiraan harga yang dikeluarkan untuk membeli bahan WajanBolic adalah kurang dari Rp 100.000,-. Bandingkan jikan Anda harus membeli antenna Grid 24db, yang bikinan local saja mencapai Rp 500.000,- lebih dan yang import bisa mencapai Rp 1.000.000,- lebih. Atau membeli antenna grid local yang harga nya Rp 200.000,- sedangkan yang import bisa mencapai Rp 300.000 lebih.


TAHAP PENGERJAAN
  1. Siapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
  2. Lubangi wajan tepat di tengah wajan tersebut seukuran baut 12 atau 14, cukup satu lubang saja.
Kemudia, ukur diametr wajan, kedalaman wajan dan feeder/ titik focus. Untuk lebih jelas nya silahkan liat gambar di bawah.
Contoh : Parabolic dish dg D = 70 cm, d = 20 cm maka jarak titik focus dari center dish : F = D^2/(16*d) = 70^2 / (16*20) = 15.3 cm

Pada titik focus tsb dipasang ujung feeder. Untuk mendapatkan gain maksimum.
  1. Potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feeder nya (daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder nya gunakan rumus di atas.
  2. Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan N Connector, untuk itu gunakan rumus antenna kaleng.
  3. Potong kawat tembaga yang sudah disiapkan sesuai dengan ukuran yang didapatkan dari hasil kalkulasi website di atas. Dan solderkan pada N Connector yang telah di siapkan
  4. Selanjut nya, bungkus PVC paralon dengan dgn aluminium foil pada daerah selain feeder, klo aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkan nya bisa menggunakan double tape
  5. Lalu pasangkan N connector ke PVC Paralon yang telah dilubangi td
  6. Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung dekat dengan N Connector harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil
  7. Dan pasangkan doff tersebut ke PVC paralon
  8. Kemudian, wajan yang telah di bolongi tadi dipasangkan dengan doff yang satu nya lagi, sebelum nya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran bautyang sudah di siapkan, dan kencangkan secukup nya.
  9. Kemudian tinggal pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.
  10. Dan Wajan bolic sudah siap untuk digunakan browsing, atau paling tidak untuk wardriving.







2.  Membuat Bazooka 3G


1. pipa pvc 4dim panjangnya max 60cm dan min 23cm tapi kalo aku punya sih 1/2 meter alias 50cm soalnya kasian ama tukangnya puasa dia jadi biar ngk ribet ta pesan langsung segitu aja langsung kira-kira harga nya Rp9000

2. lakban almunium biasanya ini dipakai ama emak buat nempet alat2 dapur yang bolong kemaren ta cari di toko elektro ngk dapat ehh ternyata di toko bangunan*maluuuuu ohya ini harganya Rp2500/meter.

3. usb extension/ kabel perpanjangan usb ini ada yang 1m, 5m dan paling panjang yang ku tanya 10m. saranku sih kalian pake yang 5m biar antisipasi aja karena aku punya tuh kayak di gambar deket banget ama pc hihihi alias kabelnya kepanjangan. ini harganya aku dapat Rp25000 yang 5m loh

4. yang terakhir tutup pipa 4dim tadi bahan ini bisa langsung dibeli ketoko bangunan. ini yang paling murah Rp7000





1.lubangi pipa pvc 4dim dengan ukuran 50cm tadi dengan bor/ solder. lubangnya seukuran dengan besarnya ujung dari kabel perpanjangan usb. ati-ati kena jempol xixixi

2.lapisi seluruh permukaan luar dari paralon dengan dengan lakban almunium. jangan lupa sisakan sedikit ruang buat lubang usb tadi

3. lapisi juga tutup paralon dengan lakban baik bagian luar maupun bagian dalam

4. pasang tutup paralon berdekatan dengan lubang yang usb td atau liat gambar kalo bingung. lalu masukan modem gsm maupun hp kedalam paralon dan jangan lupa dicolok keusb perpanjangan.



5 sekarang carilah sinyal bts terdekat

3 komentar:

  1. mas kalo buat antena tv itu apa mesti ganti kabelnya?
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus